Saturday, December 12, 2015

Cara memperbaiki aki kering

Menemukan cara memperbaiki aki kering yang sudah mati tentunya akan menjadi keuntungan bagi pengguna motor maupun mobil dimana sekarang ini mayoritas telah menggunakan accu type kering yang di sebut juga dengan MF Battery (Maintenance Free). Artinya, jenis aki seperti ini memang bebas perawatan karena tidak lagi memerlukan pengisian air accu maupun zuur secara wajib dan berkala. Selain itu, peletakannya juga bebas ingin diposisikan tegak maupun miring tidak akan menjadi masalah. Kelebihan menggunakan aki MF adalah lebih mampu bertahan dan memiliki performa yang sangat tinggi karena memakai separator khusus dan grid yang tahan terhadap korosi. Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis aki basah, makanya akan lebih baik jika kita mempelajari cara memperbaiki aki kering yang soak atau sudah lemah supaya bisa lebih berhemat. Saat ini bisa dibilang hampir seluruh peralatan elektronik mulai dari lampu emergency hingga sitem elektrikal mobil maupun motor mengaplikasikan aki MF sebagai penyimpan dan penyuplai tegangan DC nya. Sebelum memulai praktek cara memperbaiki aki kering yang tekor, supaya terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan dan alat untuk perlengkapannya. Air aki (zuur). Pastikan anda membeli dengan benar yaitu air yang biasanya digunakan untuk mengisi aki baru, bukan air penambah cairan aki. Obeng (-) atau pencukit yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pembuka cover bagian atas aki kering. Suntikan tinta printer atau jarum suntik untuk memasukkan air zuur kedalam box aki. Siapkan kain lap untuk berjaga jaga jika ada cairan yang menetes atau tumpah. Berikutnya Tahap Memperbaiki Aki Kering Pertama, siapkan aki kering yang akan diperbaiki dan usahakan dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran debu yang menempel pada bodi aki menggunakan air hangat agar kotoran bisa dengan mudah terlepas. Membuka penutup bagian atas dengan obeng minus secara paksa namun harus hati hati jangan sampai ada bagian yang robek atau pecah. Biasanya tutup merekat dengan kuat karena dari pabrik sudah di lem untuk mencegah kebocoran. Setelah terbuka, akan anda temukan tutup kecil dari karet bulat biasanya terdapat 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil dan bisa lebih banyak untuk ukuran aki dengan ampere yang besar. Siapkan air zuur kedalam suntikan dan anda bisa mulai memasukkan cairan zuur pada setiap lubang yang ada secara hati hati dengan ukuran maksimal 1 cm di bawah lubang jangan sampai terlau penuh. Tutup kembali lubang dan pastikan telah terturup dengan rapat jangan sampai ada indikasi kebocoran atau merembas. Posisikan penutup body pada kedudukan semula sampai terlihat rapi dan rapat. Jika karena proses membuka yang tadinya secara paksa telah menimbulkan kelonggaran, anda bisa memberinya lem plastic (lem tembak) untuk membantu melekatkannya secara sempurna. Aki kering sudah siap untuk dilakukan CHARGER untuk pengisian tegangan dengan cara menghubungkan pada motor atau mobil yang sudah bisa menyala (JUMPER) agar aki yang baru diperbaiki ini mendapatkan tengangan inject awal sebagai starter. Ada pilihan lain yaitu dengan melakukan pengecasan menggunakan trafo cas (Charger Transformator) untuk pengisian awal yang lebih cepat. Anda bisa melakukan pengecekan apakah aki sudah memiliki muatan tegangan, jika sudah, anda bisa langsung memasang kembali pada mobil maupun motor yang di kehendaki kemudian lakukan starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin telah berhasil di nyalakan, supaya dibiarkan pada posisi stationer (putaran langsam) hingga minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan stabil.

No comments:

Post a Comment

DAFTAR POST